Surat Keterangan Pindah Datang

Surat Keterangan Pindah adalah dokumen resmi yang diterbitkan sehubungan dengan kepindahan seorang penduduk. Surat Pindah diperlukan sebagai informasi bagi pemerintah ditempat baru bahwa seseorang telah secara resmi pindah dari tempat lama ke tempat baru. Surat Keterangan Pindah akan digunakan dalam pengurusan dokumen kependudukan ditempat yang baru. Pindah adalah keluarnya penduduk dari satu daerah ke daerah lain baik antar desa, kecamatan, kabupaten maupun antar provinsi, sedangkan datang adalah masuknya penduduk dari satu daerah ke daerah lain.

·         Persyaratan dan mekanisme penduduk pindah datang dalam satu kelurahan :

1.   Syarat yang harus dipenuhi adalah :

a.   Surat Pengantar dari RT/RW

b.   KK dan KTP pemohon

2.   Mekanisme:

a.   Penduduk dengan membawa Surat Pengantar RT/RW tujuan melapor ke Lurah.

b.   Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah

c.    Petugas registrasi kelurahan mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Penting dan Kependudukan dan Buku Induk Kependudukan.

d.   Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk.

e.   Lurah atas nama Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang.

f.     Petugas registrasi kelurahan mencatat dalam Buku Induk Penduduk dan Buku Mutasi Penduduk.

g.   Surat Keterangan Pindah Datang digunakan sebagai dasar proses perekaman dalam data base kependudukan, perubahan KK bagi warga Kepala/anggota keluarga yang tidak pindah dan proses penerbitan KK/KTP di alamat baru.

 

·         Persyaratan dan mekanisme penduduk pindah datang antar kelurahan dalam satu kecamatan:

1.      Syarat yang harus dipenuhi adalah :

a.      Surat Pengantar dari RT/RW

b.      KK dan KTP pemohon

2.      Mekanisme:

·         Di daerah asal :

a.   Penduduk dengan membawa surat pengantar dari RT/RW melapor ke lurah.

b.   Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah.

c.    Petugas registrasi kelurahan mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Penting dan Kependudukan dan Buku Induk Penduduk.

d.   Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk.

e.   Lurah atas nama Kepala Dinas menandatangani Surat Keterangan Pindah.

f.     Petugas Registrasi kelurahan mencatat dalam Buku Induk Penduduk dan Mutasi Penduduk.

g.   Surat Keterangan Pindah diserahkan kepada Penduduk untuk dilaporkan pada lurah tujuan.

h.   Surat keterangan pindah digunakan sebagai dasar proses perekaman dalam data base kependudukan, perubahan KK bagi kepala/anggota keluarga yang tidak pindah.

·         Di daerah tujuan :

a.   Penduduk dengan membawa Surat Keterangan Pindah dan Surat Pengantar dari RT/RW tujuan melapor kepada lurah tujuan.

b.   Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah datang untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah Datang.

c.    Petugas registrasi kelurahan mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Penting dan Kependudukan dan Buku Induk Penduduk.

d.   Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk.

e.   Lurah atas nama Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang.

f.     Surat Keterangan Pindah Datang digunakan sebagai dasar proses perekaman dalam data base kependudukan dan proses penerbitan KK/KTP di alamat baru.

 

·         Persyaratan dan Mekanisme penduduk pindah datang antar kecamatan dalam satu kota :

1.      Syarat yang harus dipenuhi adalah :

a.      Surat pengantar dari RT/RW

b.      KK dan KTP pemohon.

2.      Mekanisme :

·         Di daerah asal :

o  Di Kelurahan :

a.      Penduduk dengan membawa surat pengantar dari RT/RW lapor ke Lurah.

b.      Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah.

c.       Petugas registrasi kelurahan mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Penting dan Kependudukan dan Buku Induk Penduduk.

d.      Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk.

e.      Lurah mengetahui dan membubuhkan tanda tangan pada Surat Pengantar RT/RW.

f.        Petugas Registrasi kelurahan mencatat dalam Buku Induk Penduduk dan Buku Mutasi Penduduk.

o  Di Kecamatan :

a.      Petugas kecamatan melakukan verifikasi dan validasi data penduduk.

b.      Camat atas nama Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Surat Keterangan Pindah.

c.       Surat keterangan pindah diserahkan kepada penduduk untuk dilaporkan ke daerah tujuan.

d.      Surat keterangan pindah digunakan sebagai dasar perekaman dalam data base kependudukan dan perubahan KK bagi Kepala/Anggota Keluarga dalam KK yang tidak pindah.

·         Di daerah tujuan

a.   Penduduk dengan membawa surat keterangan pindah dan surat penganta dari RT/RW tujuan melapor kepada lurah tujuan

b.   Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah datang untuk mendapatkan surat keterangan pindah datang.

c.    Petugas registrasi kelurahan mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Penting dan Kependudukan dan Buku Induk Penduduk.

d.   Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk.

e.   Formulir pindah datang diserahkan kepada penduduk untuk diteruskan ke camat.

f.     Petugas kecamatan melakukan verifikasi dan validasi data penduduk.

g.   Camat atas nama Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang.

h.   Surat keterangan pindah datang digunakan sebagai dasar perekaman dalam data base kependudukan dan proses penerbitan KK/KTP di alamat baru.

 

·         Persyaratan dan Mekanisme antar kabupaten/kota dalam satu provinsi dan antar provinsi dalam satu wilayah Indonesia:

1.      Syarat yang harus dipenuhi adalah :

a.      Surat pengantar dari RT/RW

b.      KK dan KTP pemohon.

2.      Mekanisme :

·         Di daerah asal :

o   Di kelurahan :

a.      Penduduk dengan membawa Surat Pengantar RT/RW melapor ke Lurah.

b.      Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah.

c.       Petugas registrasi kelurahan mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Penting dan Kependudukan dan Buku Induk Penduduk.

d.      Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk.

e.      Lurah menandatangani Surat Pengantar Pindah Antar Kab./Kota atau Antar Provinsi.

f.        Surat pengantar pindah diserahkan kepada Penduduk untuk diteruskan ke Camat.

g.      Petugas registrasi kelurahan mencatat dalam Buku Induk Penduduk dan Buku Mutasi Penduduk.

o   Di Kecamatan :

a.      Petugas Kecamatan melakukan verifikasi dan validasi data penduduk.

b.      Camat menandatangani Surat Pengantar Pindah Antar Kab./Kota atau Antar Provinsi.

c.       Surat Keterangan Pindah diserahkan kepada Penduduk untuk diteruskan ke Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

o   Di dinas :

a.      Petugas Dinas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk.

b.      Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Surat Keterangan Pindah serta menyerahkan kepada penduduk untuk dilaporkan ke daerah tujuan.

c.       Surat Keterangan Pindah digunakan sebagai dasar perekaman dalam data base kependudukan dan perubahan KK bagi Kepala/Anggota keluarga dalam KK yang tidak pindah.