Klinik Layanan Informasi Konsultasi PEKKA (KLIK-PEKKA)

Tanjung Lubuk, 27 September 2017. Dalam rangka memberikan layanan informasi dan konsultasi hukum program perlindungan sosial kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. OKI menjadi narasumber dalam pelaksanaan KLIK-PEKKA yang diadakan di Desa Jukdadak. Dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjadi narasumber mengenai dokumen kependudukan yang terkait dengan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga. Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) sejak tahun 2014 memulai sebuah inisiatif baru yang disebut KLIK-PEKKA (Klinik Layanan Informasi dan Konsultasi PEKKA) sebagai upaya berkontribusi untuk mewujudkan keadilan dan martabat bagi masyarakat miskin khususnya perempuan kepala keluarga.

Awalnya KLIK-PEKKA dilaksanakan untuk memberikan layanan informasi dan kosultasi hukum di 7 wilayah di beberapa Provinsi di Indonesia yaitu NTT, NTB, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Hingga awal 2017, KLIK-PEKKA telah memberikan layanan kepada lebih dari 15.000 masyarakat miskin dan berkembang di 20 Provinsi termasuk di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. KLIK-PEKKA juga tidak hanya memberikan layanan informasi dan diskusi saja, namun sudah meluas memberikan layanan informasi dan konsultasi program perlindungan sosial. Keberhasilan KLIK-PEKKA ini didorong tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan informasi dan konsultasi program perlindungan sosial di komunitas mereka.