Sertifikasi ISO 9001:2015 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. OKI

Kayuagung, 3 Agustus 2017. Untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ilir berencana akan menerapkan Sistem Administrasi Kependudukan berstandar internasional. Hal ini sehubungan dengan adanya instruksi dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada Gubernur dan Bupati di seluruh Indonesia agar melakukan Standarisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan berstrandar Internasional yang dibuktikan dengan Sertifikasi Internasional Standarization Organization ISO 9001:2008.

Sertifikasi ISO 9001:2015 adalah suatu standar internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen mutu atau sertifikasi sistem manajemen Kualitas. sertifikasi ISO 9001:2015 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas, yang bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk (barang dan atau jasa) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh badan dtandan dunia yaitu BADAN ISO.

Bila sudah lulus audit dan meraih sertifikasi ISO 9001:2015 berarti organisasi atau perusahaan tersebut telah memenuhi Persyaratan-persyaratan yang ditetapkan. Hal ini dapat memenuhi kebutuhan spesifik dari pelanggan, di mana organisasi yang dikontrak itu bertanggungjawab untuk menjamin kualitas dari produk-produk tertentu, atau merupakan kebutuhan dari pasar tertentu, sebagaimana ditentukan oleh organisasi.

Sertifikasi ISO 9001:2015 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan- persyaratan yang harus dipenuhi oleh produk (barang dan/atau jasa). Tidak ada kriteria penerimaan produk dalam Klausul  Sertifikasi ISO 9001:2015, sehingga kita tidak dapat menginspeksi suatu produk terhadap standar-standar produk. Sertifikasi ISO 9001:2015 hanya merupakan standar sertifikasi Sistem Manajemen mutu atau sertifikasi sistem manajemen Kualitas.

Tujuan sertifikasi pelayanan administrasi kependudukan adalah agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. OKI menerapkan prinsip-prinsip pelayanan publik sehingga penduduk memperoleh pelayanan administrasi kependudukan yang prima. Proses sertifikasi dilakukan secara mandiri antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. OKI dengan Lembaga Penyedia Layanan Sertifikasi yang sudah terakreditasi. Diharapkan nanti setelah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah mendafatkan sertifikasi ISO 9001:2015, kualitas dan mutu pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. OKI benar-benar optimal, sehingga masyarakat puas mendapatkan pelayanan yang prima dan baik sesuai dengan standar internasional.